PEMBELAJARAN HADIST DALAM KITAB ARBA’IN AN NAWAWI KARYA IMAM NAWAWI DI MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH DARUTTAQWA SUCI MANYAR GRESIK
DOI:
https://doi.org/10.70281/tasyri.v32i01.870Keywords:
Pembelajaran Hadist, Kitab Arbain An Nawawi, Madrasah Diniyah TakmiliyahAbstract
Kitab Arbain An Nawawi merupakan salah satu kitab hadis yang dianggap penting dalam pendidikan Islam karena mencakup hadis-hadis yang fundamental dan bermanfaat. Pembelajaran hadis dalam kitab ini di Madrasah Diniyah Takmiliyah Daruttaqwa Suci Manyar Gresik bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang ajaran Islam melalui hadis-hadis yang terpilih. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi langsung proses pembelajaran, wawancara mendalam dengan guru hadis dan siswa, serta analisis dokumen seperti silabus dan materi ajar. Penggunaan kitab Arbain An Nawawi dalam pembelajaran hadis di Madrasah Diniyah Takmiliyah Daruttaqwa Suci Manyar Gresik dipilih karena kitab ini dianggap komprehensif dan relevan dalam menyampaikan ajaran Islam secara praktis. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan melalui metode ceramah, diskusi, dan penghafalan hadis. Proses ini melibatkan analisis mendalam terhadap teks hadis, penerapan prinsip-prinsip hadis dalam kehidupan sehari-hari, dan evaluasi pemahaman siswa melalui ujian dan penilaian. Pembelajaran ini terbukti efektif dalam menyampaikan ajaran Islam yang mendalam. Meskipun kitab ini memberikan fondasi yang kuat untuk pemahaman hadis, diperlukan usaha lebih dalam adaptasi metode pengajaran dan pelatihan bagi guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Dukungan yang berkelanjutan dan evaluasi dari pihak madrasah akan sangat penting untuk memastikan keberhasilan proses pendidikan ini.



